expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Muntah Saat Sikat Gigi

Muntah Sikat Gigi
Pada beberapa orang, tiap gosok gigi muncul mual dan ingin muntah. Adakah cara mengatasinya? Apakah harus berganti jenis sikat gigi? RASA mual saat menggosok gigi, umumnya pada pagi hari,  tak hanya dialami oleh ibu hamil, seperti apa yang dipikirkan banyak orang. Rasa ingin muntah ini juga sering muncul secara tiba-tiba. Sebelumnya mungkin Anda tidak mengalaminya, namun sejak beberapa minggu terakhir ini timbul dorongan untuk muntah tersebut.

           Setiap orang memiliki reflek muntah yang merupakan reaksi tubuh normal, yang bertujuan untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya masuk. Namun pada sebagian orang, refleks yang terjadi bisa muncul secara berlebihan. Umumnya refleks muntah terjadi saat daerah-daerah tertentu dalam rongga mulut tersentuh, yang meliputi langit-langit mulut (terutama bagian belakang), bagian belakang lidah, daerah amandel dan bagian ujung tenggorokan.

         Muntah berlebihan dipicu oleh banyak hal seperti faktor fisiologi, psikologi, atau kombinasi keduanya, namun pada umumnya faktor psikologi memainkan peranan lebih besar. Bisa jadi orang tersebut pernah mengalami trauma masa lalunya.

         Jika Anda termasuk yang memiliki refleks muntah tinggi, terdapat tips dan trik yang dapat membantu mengurangi hipersensitivitas refleks muntah Anda. Dengan latihan sederhana di rumah, dengan intensitas yang teratur dan berturut-turit, seperti berikut ini; pertama-tama Anda harus relaks terlebih dulu. Dengan mulut tertutup, lakukan latihan nafas melalui hidung sembari mengangkat lidah menyentuh bagian belakang langit-langit. Kemudian coba gerakan tersebut dengan mulut terbuka lebar. Lakukan latihan ini berulang-ulang. Atau dengan cara mencari tahu dimana refleks muntah Anda dimulai. Caranya sederhana, cobalah sikat bagian ujung lidah dimana Anda masih bisa mentolerir tanpa merasa ingin muntah. Pilih sikat dengan kepala sikat berukuran kecil. Lakukan ini setiap hari setidaknya sekali sehari. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan gerakan ini, coba gerakkan sikat prlahan-lahan sedikit lebih dalam. Pada titik tersebut, sikat lidah perlahan-lahandan pertahankan sekitar 10 detik dan paksakan meski kemungkinan akan ada perasaan ingin muntah. Proses ini memerlukan latihan,dan ulangi terus selama beberapa hari. Pertahankan titik tersebut, hingga akhirnya Anda dapat menguasai refleks muntah Anda.

        Selain bagian lidah, Anda juga dapat malakukan latihan ini dengan penyakit bagian langit-langit di belakang gigi depan atas Anda. Lakukan dengan cara yang sama. Coba gabungkan latihan ini dengan latihan diatas,yaitu menyikat gigi dengan bernafas melalui hidung, jangan melalui mulut. Refleks muntah juga lebih tinggi di pagi hari, oleh karena itu ada baiknya latihan yang memicu refleks muntah dilakukan pada siang/sore hari.

 
Memilih Sikat Gigi yang Tepat
          Pemilihan sikat gigi bisa menjadi solusi mencegah rasa mual saat menyikat gigi. Permasalahannya, ada begitu banyak pilihan sikat gigi. Yang terbaru muncul sikat gigi elektrik yang begitu memanjakan kemudahan bagi pemakainya. Pada dasarnya dua jenis sikat gigi di atas sama baiknya,yang terpenting dua-duanya harus berbulu lembut dengan ujung kepala yang mengecil. Pada sebagian orang, ada yang tidak mentoleransi sikat gigi dengan ujung yang besar, sehingga menimbulkan refleks muntah pada yang bersangkutan.

 
Melirik Sikat Gigi Elektrik
        BERBAGAI macam merk sikat gigi, baik yang konvensional maupun yang elektrik dapat dengan mudah kita temukan. Hingga saat ini, penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal, sementara sikat gigi modern atau elektrik, masih terbatas penggunaannya. Apa kata ahli tentang jenis sikat gigi yang baik? Apakah yang trend dan canggih selalu lebih baik?
   
        Review dari beberapa penelitian,terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik  dibandingkan sikat gigi biasa,adalah sebagai berikut;
o    Pembuangan plak lebih baik pada sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi konvensional
o  Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik. Pada penggunaan sikat gigi manual plak dibagian ini sulit dijangkau apalagi jika dilakukan dengan metode penyikatan yang salah.
o    Sikat gigi elektrik sangat berguna  pada orang dengan keterbatasan fisik, anak-anak, manula dan pada orang yang sedang sakit atau mengidap penyakit tertentu.

       Namun jika Anda tidak bisa membeli sikat gigi elektrik karena permasalahan biaya, hasil penelitian lain juga ada yang mengatakan behwa menggunakan sikat gigi manual juga bisa mendapatkan hasil yang baik seperti menggunakan sikat gigi elektrik,  apabila dilakukan secara baik dan benar.

5 comments :

  1. apa bukan karena pasta giginya juga bang?

    ReplyDelete
  2. @senyum perawat: Pasta gigi juga bisa menyebabkan tetapi tidak utama. sebab rasa dari pasta gigi hampir semua sama.

    ReplyDelete
  3. oohh...gt nggih pakde :D

    ReplyDelete
  4. kalau saya muntah saat sikat gigi karena bangun tdr perut kosong jadi mual. coba kalau sikat giginya setelah makan jadi tdk mual

    ReplyDelete
  5. ya benar mbak moocen, jika belum makan, asam lambung meningkat, jadi jika kombinasi dengan sensasi dingin dari pasta gigi maka akan merangsang mual muntah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...