expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tips Cara Mendapatkan Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Manusia memang boleh berupaya. Beberapa cara berikut ini adalah boleh dicoba, namun apapun hasilnya syukuri kehadiran bayi laki-laki atau perempuan. Mengharapkan punya bayi perempuan atau laki-laki? Banyak mitos atau anggapan yang beredar di masyarakat. Di antaranya, dari seks di bawah bulan purnama untuk mendapatkan bayi perempuan. Tak hanya mitos,saat ini juga rumah sakit juga menawarkan berbagai program pemilihan jenis kelamin bayi/metode sex- selection.

Program untuk merencanakan jenis kelamin (seks) anak bukan hal baru. Ada yang dilakukan secara alami, seperti dengan menggunakan perhitungan masa subur saat melakukan hubungan seks atau dengan pengaturan nutrisi. Dan kini, seiring berkembangnya teknologi kedokteran metode sex-selection juga sudah dibumbui dengan beberapa teknologi canggih. Mari kita lihat satu per satu.

CARA ALAMI 
Cara alami merupakan salah satu cara yang dipilih meski tergolong inkonsisten (tidak pasti). Menurut Prof. dr. Nugroho Kampono SpOG(K), secara ilmiah, kemungkinan mendapatkan jenis kelamin janin ini memang bisa dijelaskan. Kita mengenal teori 'kromosom X (penentu seks perempuan) dan kromosom Y (penentu seks laki-laki)'. Kromosom Y ini bergerak lebih cepat dan rentan terhadap keasaman vagina sehingga lebih cepat mati. Sementara kromosom X, lebih lambat gerakannya namun lebih tahan terhadap keasaman vagina. Sebelum terjadinya pembuahan (fertilisasi), sel telur (ovum) yang belum dibuahi membawa kromosom X, sementara sperma bisa membawa kromosom X maupun Y. Dan dari situlah metode alami sex-selection dilakukan, yakni dengan beberapa cara berikut :

• Mengatur waktu hubungan seks
Prinsip cara ini adalah dengan memberi jarak antara waktu berhubungan seks dengan waktu ovulasinya (masa subur). Misalnya saja, hari subur si Ibu setiap bulannya jatuh pada tanggai 14. Maka, jika menginginkan janin laki-laki, pasangan ini harus melakukan hubungan seks yang berkualitas saat menjelang masa subur (satu hari sebelumnya atau tepat pada tanggai 14). Karenanya, kromosom Y sperma akan langsung bertemu dan membuahi kromosom X ovum, sehingga kemungkinan terbentuknya janin laki-laki cukup besar.

Sebaliknya, jika menginginkan janin perempuan, pasangan ini hendaknya melakukan hubungan seks beberapa hari (3-4 hari) sebelum hari subur si Ibu. Dengan demikian, kromosom Y sperma akan terpapar oleh keasaman cairan vagina, sehingga kemungkinan kromosom X sperma yang tersisa bertemu dan membuahi kromosom X ovum, hingga kelak terbentuk janin perempuan.

• Mengondisikan vagina sebelum berhubungan seks
Cara natural yang kedua, yaitu dengan mengondisikan keasaman (pH) cairan vagina sebelum berhubungan seks.

Jika pasangan ingin mendapatkan janin laki-laki (XY) kelak, maka sebelum berhubungan seks, si Ibu dianjurkan membasuh vaginanya dengan larutan garam (seperti air yang dicampur baking soda) agar keadaan pH-nya cenderung basa, sehingga kromosom Y sperma tetap hidup dan membuahi kromosom X ovum.

Begitu sebaliknya, si Ibu dapat membasuh vaginanya dengan cairan asam (seperti air yang dicampur cuka) untuk membunuh kromosom sperma, sehingga yang tersisa kromosom X sperma untuk segera membuahi kromosom X ovum. Karenanya, kemungkinan mendapatkan janin perempuan (XX) lebih besar.

• Mengatur nutrisi si Ayah
Hingga saat ini memang belum ada suatu data ilmiah yang sangat mendukung keterkaitan langsung antara jenis makanan yang dikonsumsi si Ayah sebelum melakukan hubungan seks dengan jenis kelamin janin yang dikandung si ibu kelak. Namun secara ilmiah, nutrisi tertentu memang berperan dalam membentuk karakter-karakter kehidupan tertentu.

Untuk janin laki-laki, Ayah dianjurkan mengonsumsi jenis-jenis makanan seperti daging merah, ikan asin, seledri, pisang dan aprikot. Bila perlu, kudapan juga diatur dengan makanan berbahan kentang dan terigu.

Sebaliknya, jika pasangan menginginkan janinnya kelak perempuan, maka Ayah dianjurkan mengonsumsi banyak sayuran, ikan, produk susu, buah (apel, jeruk, peach) dengan bentuk kudapan berupa cokelat.


TEKNOLOGI  SEX-SELECTION 
Sex-selection disini dilakukan dengan memfokuskan pada DNA content. Sesungguhnya teknik ini merupakan turunan dari metode fertilitas yang sudah dikembangkan yaitu in vitro fertilization (IVF) dan artificial insemination (Al).

Ada beberapa teknik pemisahan kedua jenis kromosom seks ini berdasarkan tingkat akurasinya. Teknik swim up sperma dan perhitungan kadar albumin sperma dapat dilakukan untuk tingkat keberhasilan yang mencapai 70-80%. Sementara untuk mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi (sampai mencapai 90%), teknik fluoresensi dapat dipakai untuk memisahkan kromosom X dengan kromosom Y. Prinsipnya, semen si Ayah yang dikeluarkan saat ejakulasi dipisahkan di luar untuk kemudian diinseminasi yang lebih dikenal dengan istilah 'reproduksi berbantu' seperti dijelaskan sebelumnya.

Untuk tingkat akurasi mendekati kesempurnaan (mendekati 100%), teknik PGD (preimplantation genetics) dapat dipilih dengan membuat layaknya 'bayi-bayi tabung' se-hingga kromosom X dan kromosom dapat dipisahkan dengan mudah untuk selanjutnya ditransfer sesuai jenis kelamin janin yang diinginkan.

Manusia memang boleh berupaya. Beberapa cara di atas memang bisa ditempuh sebagai bentuk ikhtiar Anda, namun apapun hasilnya syukuri kehadiran bayi laki-laki atau perempuan. Pastilah ada tujuan dan hikmah bagi Anda mengapa seorang anak, entah laki-laki dihadirkan untuk Anda. 

11 comments :

  1. ternyata waktu hubungan nya juga mempengaruhi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bikin lagi biar dpt bayi cowok

      Delete
  2. banyakkan berdoa juga;)

    ReplyDelete
  3. Ntar saya terapkan kalau sudah punya istri lagi.

    ReplyDelete
  4. Wahhh..harus nambah istri lagi nih saya..heee

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya mudah2an bermanfaat buat saya nanti :)

    ReplyDelete
  6. hadir di sini sekalian ngajak tukeran link :)

    ReplyDelete
  7. wah bagus juga tipsnya, bisa dipraketekkan nih :)

    ReplyDelete
  8. wah ini baru info menarik tapi apa benar bisa dipertanggungjawabkan ya.... namun tips ini benar benar penemuan hebat

    ReplyDelete
  9. terimakasih tipsnya gan. semoga bermanfaat. sebenarnya saya pingin anak laki-laki.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...