expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kayu Manis Obat Sakit Maag yang Parah

      Mengalami nyeri ulu hati? Jangan lagi sepelekan, kemungkinan terkena ULKUS PEPTIKUM. Gejalanya nyeri ulu hati yang kadang disertai muntah darah warna coklat dan berak warna  kehitaman.

       Ulkus peptikum merupakan suatu kerusakan atau hilangnya jaringan mukosa, submukosa sampai lapisan otot di saluran cerna yang terpajan cairan lambung (asam lambung dan pepsin). gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati namun, adakalanya penderita tidak merasakan nyeri, meski sudah dalam kondisi berat. Jadi Ulkus peptikum adalah sakit lambung atau sakit maag yang parah.

      Kini ada pulihan baru dalam pengobatan ulkus peptikum, yaitu obat dengan kandungan BIOACTIVE FRACTION DLBS2411 yang berasal dari alam, tepatnya dari Cinnamomum burmanii (katu manis). Obat ni sudah melalui serangkaian test laboratorium dan saat ini sedang dalam mendapatkan status fitofarmaka dari Badan POM RI. Kayu Manis sudah menjadi bagian dari pengobatan kuno, disamping juga digunakan sebagai bumbu masakan saat itu. beruntunglah Indonesia yang memiliki kayu manis dengan kualitas fitofarmaka yang tinggi. Kayu manis ini banyak hidup di pegunungan Kerinci.

         Kayu manis berkhasiat menurunkan asam lambung. Khasiat tersebut ada pada kulit kayu bagian tengah kayu manis. Agar menghasilkan khasiat yang sempurna, dibutuhkan kriteria kulit manis yang baik dengan beberapa syarat tambahan. Diantaranya kayu manis benar-benar liar dari alam Indonesia, tidak banyak bakteri, tidak banyak jamur, tidak basah dan tidak ada tanahnya. Umur kulit kayu manis juga harus di atas 10 tahun.

        Obat dengan kandungan kayu manis terbukti secara ilmiah mampu bekerja sebagai proton pump down regulator, proton pump inhibitor dan mempunyai sifat farmakologis gastro protector, mirip dengan obat golongan omeprazole atau lanzoprazole. Obat ini terbukti lebih kuat hambatannya terhadap sekresi asam lambung, dibandingkan dengan H-2 receptor blokers. Waktu kerjanya lebih lama sehingga cukup diberikan 1 kali sehari malam hari kedapa pasien.

      Studi ex vivo memperlihatkan, pemberian DLBS2411 pada sel parietal lambung dapat menurunkan derajat keasaman. Bahkan, DLBS2411 akan berkerja lebih baik jika pH-nya lebih asam. Selain menurunkan asam, cara DLBS2411 meningkatkan proteksi terhadap lambung adalah dengan meningkatkan mukus yang disekresikan sel goblet. Peningkatan mukus merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dari sistem pencernaan. Obat tersebut juga mampu meningkatkan sekresi mukus dan memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Selain itu juga meningkatkan sintesa dan sekresi prostaglandin E2.

      Salah satu yang perlu menjadi perhatian ketika kita hanya mengonsumsi ekstrak kayu manis adalah senyawa Coumarin. Senyawa ini memiliki sifat sebagai pengencer darah. Sebab itu, disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaanya terlebih jika pasien memiliki penyakit jantung.

11 comments :

  1. Informasi yang sangat berguna

    ReplyDelete
  2. kebanyakan hanya ekstraknya saja di pasaran

    ReplyDelete
  3. Info yg menarik. Kakak ipar saya penderita Gerd, bukan maag biasa, bisa ngga ya pakai kayu manis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak Lina, Penggunaan Kayu manis sebagai terapi GERD bisa diterapkan berdampingan dengan terapi farmakologi, misal Obat golongan Proton Pump Inhibitor, H2 Bloker serta Magnesium Hidroksida.

      Delete
  4. További kellemes napot kívánok köszönöm szépen a látogatást :)

    ReplyDelete
  5. sangat berguna sekali nih.. terimakasih ya.

    ReplyDelete
  6. kayu manis memang tinggi khasiatnya. terimakasih

    ReplyDelete
  7. artikel yang bagus sahabat

    ReplyDelete
  8. @Obat Sakit dan Yusuf: Betul pak, banyak khasiatnya. Penggunaan bentuk ekstrak agar lebih mudah dikonsumsi dan mudah dipasarkan.

    ReplyDelete
  9. blog masa depan ni... obat kimia mahal, solusi pke herbal...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...