expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Manfaat Kandungan Jambu Biji

Jambu Biji Manfaat        Sebagai buah hidangan di meja, Jambu Biji (Psidium guajava) kurang diminati. Padahal buah ini mengandung nutrisi yang unggul, memiliki zat anti kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan membantu pengobatan demam berdarah, serta kandungan Vitamin C dalam jambu biji jumlahnya 10 kali lipat dibandingkan buah impor seperti apel atau anggur.




Kandungan Vitamin C
        Publikasi media seringkali memberikan persepsi yang salah terhadap kandungan nutrisi buah. Selama ini masyarakat sering mendapatkan informasi bahwa  sumber vitamin C paling banyak terdapat dalam buah jeruk. Padahal jika ditilik kandungan Vitamin C, jambu biji mempunyai kandungan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jeruk. Setiap 100 gr jambu biji mengandung 87 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya 49 mg. Bahkan dibandingkan buah impor seperti apel dan anggur, kandungan vitamin C jambu biji puluhan kali lipat jumlahnya. Menurut daftar Analisis Bahan Makanan (1992), Apel hanya mengandung Vitamin C sebanyak 5 mg/100 g dan anggur hanya 3,3 mg/ 100 g. Jadi untuk mendapatkan manfaat vitamin C, seperti mencegah sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan antioksidan, tidak perlu buah mahal atau impor, Jambu biji adalah gudang Vitamin C yang murah dan mudah didapat.


        Kandungan Vitamin C jambu biji mencapai puncaknya menjelang jambu matang dan paling banyak terdapat dalam kulit dan daging buah yang tebal. Mengingat tingginya Kandungan vitamin C di dalam kulit buah, disarankan mengonsumsi jambu biji beserta kulit buahnya.

Menurunkan Kolesterol
          Keunggulan lain jambu biji adalah kandungan Potassium (Kalium) yang tinggi, yaitu sekitar 14 mg/100 g. Potassium atau kalium berfungsi meningkatkan keterutan denyut jantung, memgaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.

        Seperti halnya buah yang lain, jambu biji juga tinggi akan serat, khususnya pektin yaitu serat yang larut dalam air. Serat ini dapat mengikat kelebihan garam, lemak serta racun yang mengendap di dalam saluran pencernaan. Konsumsi serat yang cukup dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegak penyakit kanker, sembelit, dan mengeluarkan zat berbahaya dalam tubuh.
       Sebuah penelitian yang dilakukan oleh HEART RESEARCH LABORATORY – Medical Hospital and research Center India menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah serta menurunkan tekanan darah. Menurunnya tekanan darah dan kolesterol berarti menurunkan risiko serangan penyakit jantung.

Anti Kanker
       Selain Vitamin, Jambu biji juga gudangnya senyawa Fitokimia. Di dalam Jambu biji mengandung fitokimia seperti karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Baik jambu biji merah maupun putih, keduanya sama-sama mengandung fitokimia, namun untuk jenis jambu biji merah mengandung kadar karotenoid lebih tinggi. Salah satu karotenoid di dalam jambu biji merah adalah Beta karoten yang menjadi sumber vitamin A bagi tubuh. Fitokimia esensial lain yang tidak kalah pentingnya adalah Flavonoid ini memiliki kemampuan sebagai anti alergi, antivirus, anti radang, dan anti kanker.

Membantu proses penyembuhan Demam Berdarah
           Selain buahnya, daun jambu biji bermanfaat untuk kesehatan tubuh. DI dalam daun jambu biji terkandung komponen berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue. Manfaat ekstrak daun biji ini telah diteliti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan berkerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Hasil penelitian lembaga ini menunjukkan jika senyawa Tanin dan Flavonoid yang dinyatakan dengan quersetin dalam ekstrak jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse transcriptase yang berarti dapat menghambat pertumbuhan virus. 

         Meskipun baru penelitian awal yang belum diuji klinis ke manusia namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat menurunkan permeabilitas pembuluh darah serta dapat mempercepat peningkatan jumlah trombosit. Mengingat potensi manfaatnya yang tinggi untuk kesehatan tubuh, tidak ada salahnya mulai sekarang memasukkan jambu biji dalam daftar menu harian keluarga.

2 comments :

  1. Terima kasih infonya. Saya penyuka jus jambu nih ^_^

    ReplyDelete
  2. dengan jus jambu bisa juga menurunkan suhu panas tubuh, dengan kata lain sakit demam misalnya, maka dengan Bimbingan dan Belajar melalui artikel-artikel kesehatan seperti ini bisa membantu mencegah sebagai pertolongan pertama dari kekawatiran orang tua, sehingga masalah atau problem Anak saat terserang sakit akan teratasi, terimakasih...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...