expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Usir Wasir Dengan Hemorroid Stapler

Hemorroid Stapler
        Ada beragam upaya menyembuhkan wasir. Mulai dari minum obat, suntik, hingga operasi sebagai upaya pengobatan terakhir. Salah satu tindakan pembedahan yang populer adalah menggunakan teknologi Hemorroid Stapler. Teknologi mutakhir ini meminimalisir rasa nyeri pasca operasi wasir. Selain memberi kemudahan bagi pasien di Indonesia dalam mengobati penyakit wasirnya.

NYERI BERKURANG
      Hemorroid stapler merupakan alat bantu untuk melaksanakan operasi wasir. teknik ini diperkenalkan sejak tahun1993 oleh dokter spesialis bedah dari Italia, Dr. Antonio Longo. Diperkirakan teknik operasi stapled hemorrhoidectomy masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 dengan masuknya PPH (procedure for prolapse and hemorrhoids) stapler.
  
     Teknik operasi ini bekerja menggunakan prinsip memotong dan membuang jaringan longgar di atas haemorrhoid interna secara sirkuler (melingkar) menggunakan stapler, sehingga wasir menyusut dan mengacil. Berbeda dengan teknik konvensional, teknik menggunakan stapler langsung menargetkan atau memotong dan membuang mukosa di atas daerah anus yang persarafannya relatif tidak sensitif. Dengan prosedur ini, pasien diuntungkan dengan berkurangnya rasa sakit setelah operasi maupun pada saat buang air besar.


MASIH MAHAL?
         Bukan hal baru bila banyak orang takut operasi. Jangan kuatir, operasi wasir dengan teknik stapler hanya butuh waktu satu jam, pasien bisa memilih untuk dibius separuh badan bawah atau dibius total. Persiapan umumnya sama dengan operasi lainnya. Sebelum operasi, pasien menjalani beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium atau penunjang untuk evaluasi toleransi operasi. Pasien harus dibersihkan saliran cernanya disamping wajib untuk berpuasa 6 jam sebelum operasi dilaksanakan.
  
         Alat ini dikhususkan untuk pengobatan penyakit wasir dan penyambungan usus saja. Meskipun banyak faktor juga yang mempengaruhi tapi secara garis besar teknik operasi ini lebih baik dibanding teknik operasi terdahulu dengan catatan hanya untuk kasus yang betul-betul direkomendasikan untuk memakai teknik ini. Sayangnya,biaya yang dikeluarkan masih terhitung mahal. Ini karena alat hemorrhoid stapler bersifat sekali pakai.
  
        Tidak ada satupun tindakan yang tidak mengandung risiko. Meski jarang,tindakan ini memiliki efek berupa rasa nyeri, perdarahan dan infeksi. Efek samping jangka panjangnya, bila pasien tidak menjaga pola makan, minum dan buang air besarnya, wasir dapat kambuh lagi. Kemungkinan efek jangka panjang lainnya adalah penyempitan (stenosis) daerah anal. Namun kasus ini jarang terjadi.

1 comment :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...