expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rambutku Rusak Karena Hair Dryer

Rambut rusak
Tak cukup puas tampil dengan kulit mulus, penampilan rambut menjadi titik perhatian lain yang perlu dimaksimalkan. Sebab itu, alat styling rambut seperti dryer, catok, pewarna dan pengering rambut tak ubahnya senjata rambut yang tak boleh dilewatkan. Sayangnya penggunaan alat styling rambut yang tidak tepat akan membuat rambut kering dan patah. Rambut juga bisa rontok dan ketombean karena terpaan panas dari alat styling rambut.


MERUSAK BATANG RAMBUT
Saat rambut basah setelah keramas, harus segera pergi ke acara penting, maka hair dryer adalah penyelamat agar rambut cepat kering. Namun apakah memakai hair dryer bisa merusak rambut? Bisa iya, paparan panas yang terlalu sering berdampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Apalagi, jika tidak diikuti perawatan yang tepat, kulit kepala dan rambut cenderung kering, rusak dan patah.

        Panas yang dihasilkan pengering rambut merusak lapisan pelindung batang rambut (kutikula). Begitu juga dengan catok dan pengeriting rambut. Bahkan pada pengeriting rambut biasanya menggunakan bahan kimia yang bisa memutuskan ikatan disulfide batang rambut. Jika bahan-bahan tersebut sering digunakan, bisa menyebabkan rambut cenderung kering dan patah.

        Agar rambut bisa terlihat sehat dan lentur, maka batang rambut harus terlindung dengan lapisan kutikula yang berpelumas. Proses pengeringan bisa membuat kutikula kaku dan retak. Bahkan, merusak kutikula,  sengaja dilakukan agar bahan kimia bisa berpenetrasi kedalam batang rambut dan mengubah rambut yang lurus menjadi  bergelombang.

    Pada kulit kepala, penggunaan alat-alat dan bahan-bahan, seperti: pengering, catok, pengeriting dan pewarna rambut bisa menyebabkan rapuhnya folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan. Kulit kepala yang terlalu kering tidak dapat melindungi dirinya sendiri, sehingga beberapa penyakit kulit dapat berkembang, seperti radang atau dermatitis akibat kontak dengan shampoo, jel dan lain-lain atau beberapa penyakit lain, misalnya dermatitis seboroik atau ketombe kering dan basah.

 
TAK LEBIH 5 MENIT
         Efek dari panas tinggi pada rambut yang paling terlihat adalah kekeringan berlebih dan patahnya batang rambut. Sebaiknya tetap bijak menggunakan alat-alat bertemperatur tinggi. Berdasarkan penelitian, temperatur tinggi yang bersentuhan dengan rambut dalam waktu 5 menit saja bisa mengakibatkan kerusakan rambut, khususnya pada bagian kutikula.

        Sebab itu, penggunaan pengering rambut dari rambut sebaiknya tidak lebih dari 3-4 cm dari rambut. Penggunaan catok rambut, disarankan tidak terlalu lama, yaitu maksimal 3 menit per bagian rambut. Mengenai suhu pencatokan yang paling aman para ahli menyarankan tidak lebih dari 175 derajat Celcius. Suhu di atas 175 derajat Celcius dianggap berpotensi membahayakan kondisi rambut.

        Bagi yang ingin tampil dengan berbagai pilihan warna rambut, pilih pewarna yang ‘bersahabat’. Produk pewarna rambut yang mengandung peroksida dan chlor tidak disarankan karena berpotensi menimbulkan kerusakan rambut. Pilih pewarna rambut yang tidak mengadung peroksida dan chlor serta lakukan perawatan rambut pasca pewarnaan.

 
PERAWATAN KHUSUS
           Pengering, catok, pengeriting dan pewarna rambut sudah menjadi bagian hidup Anda.  Anda tak mesti “membuang” alat catok dan alat pengering rambut kesayangan selama melakukan perawatan dengan tepat dan tahu teknik pemanasan rambut.

         Sebelum menggunakan alat dan bahan-bahan tersebut, rawat rambut dan kulit kepala dengan baik, yaitu dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Berikutnya, gunakan kondisioner setelah penggunaan shampoo.

       Agar akar rambut tetap kuat dan rambut tetap sehat, perawatan khusus juga diperlukan pasca penggunaan alat pengering dan catok. Perawatan yang dimaksut mencakup masker rambut dan tonic/serum rambut. Intinya, untuk melakukan tindakan kosmetik yang merusak atau merubah rambut maka pastikan kondisi kulit kepala dan batang rambut dalam keadaan prima. Minimal efek dari kerusakan sebelumnya sudah hilang.

 
SELAMAT TINGGAL RAMBUT RUSAK
Akhiri bad hair Anda dengan tips berikut:
1.    Minimalisir penggunaan bahan dan alat yang cenderung merusak rambut, seperti catok rambut, pengering rambut serta pewarna rambut.
2.    Bila kulit kepala sudah sensitif,hindarkan sering menggosok-gosoknya setelah keramas. Biarkan rambut kering dengan dibalut handuk.
3.    Jangan gunakan sisir yang rapat saat rambut masih basah.
4.    Berikan perawatan agar kondisi rambut dan kulit kepala kembali terjaga.
5.    Konsumsi vitamin yang berperan terhadap kualitas dan akar rambut, seperti zinc, iron, selenium dan vitamin A, B, C.

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...